Thursday, March 13, 2008

Wanita Pita Pink Indonesia



Moms.. Pernah dengar tentang Pita Pink Indonesia nggak ? itu loh, yayasan kanker payudara di indonesia, logo-nya kek pic diatas tuh.
yayasan ini dibentuk karena sadar akan pentingnya sosialisasi kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker payudara, Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta YKPJ) membuat sebuah program kampanye komunikasi yang diberi nama Gerakan Pita Pink. Menurut statistik WHO, angka kematian akibat kanker payudara di dunia mencapai lima juta. Yayasan Kanker Payudara (YKPJ) Melalui Gerakan Pita Pink mengharapkan masyarakat luas lebih peduli dan saling jaga sesama wanita khusunya terhadap bahaya kanker payudara.

bagi saya pribadi, yayasan seperti ini sangat amat berarti, kenapa ?
Ya, karena Ibunda saya sendiri terkena kanker payudara, sudah diambil dan menjalani kemoterapi 2 tahun yang lalu, sampai 5 tahun setelah menjalani kemoterapi,tiap tahun harus menjalani observasi dulu, apakah bibit2 kanker itu masih ada atau tidak. Alhamdulillah ibu saya sudah dua kali observasi, dan dinyatakan bersih, semoga tahun2 berikutnya juga begitu.
Tapi 2 hari yang lalu, tante (dari pihak Bapak) saya meninggal dunia, dengan riwayat kanker payudara juga. tante saya ini terkena-nya hampir bersamaan dengan ibu saya, tetapi beliau sudah stadium 3, sedangkan ibu saya masih stadium 2A.
Terlambat ? mungkin.. hanya Allah yang tahu, tetapi kita manusia harus berusaha dong yah, setidaknya aware dari sekarang, apa itu kanker, karena korban2nya banyak dari para wanita, kanker sekarang ini bukan lagi karena faktor keturunan (sudah saya buktikan sendiri di keluarga sebelumnya tidak ada riwayat kanker), dari lyfe style alias gaya hidup, makanan, hmm banyak faktor lainnya juga.

karena itu, saya dan Wanita diseluruh dunia mungkin ya, harus aware akan hal ini, gimana caranya? cari tahu .dan cari tahu, saya juga sedang belajar untuk mencari tahu untuk waspada juga.
W A S P A D A L A H !

2 comments:

  1. Innalillahi wa innailaihi rojiun.
    Zah turut berduka atas berpulangnya tantenya. mudah2an Allah memberikan jalan yang lapang, diampuni dosa2nya dan diterima segala amal baiknya.AMin.

    Setuju, hendaknya sedari dini kita sadar untuk pemeriksaan hal2 yang kadang kita anggap remeh.Thanks dah diingetin, btw jangan lupa pap smer juga ya..

    hehe...pucet ya...? betul banget. Secara aku ini kurang banget tidurnya, dasar sudah insomnia, ketambahan anemia sekarang ditambah sering bangun untuk netekin Rafif, walaupun tidak begadang. Dan tentunya semua pekerjaan rumah tetep saya yang handle, tapi gpp kok demi semuanya.Mudah2an Allah memberi kekuatan dan kesehatan biar semuanya terurus. amin

    ReplyDelete
  2. Turut berduka cita atas meninggal tantenya....

    Iya banyak yg kena kanker payudara..memang mesti waspada :)

    ReplyDelete