Wednesday, March 5, 2008

Nyepi Holiday in Bali

The Nyepi Rituals is performed with the following conditions: Amati Geni: No fire/light, Amati Karya: No working, Amati Lelunganan: No traveling, Amati Lelanguan: Fasting.
Hehehehe gaya ya pake basa jawa.
It means kita di bali nih ya, dari mulai hari jumat jam 06.00 sampai sabtu 06.00 WITA, nggak boleh keluar rumah, nggak boleh nyalain tipi, nyalain lampu juga gak boleh.
tapi biasanya bagi yg punya anak kecil, boleh nyalain lampu kecil gitu waktu malam.

InsyaALLah tahun ini kami (mamah azzah, papah dikhi, dan Abang Nana eh nawfal), bakalan ikutan Nyepi disini, nggak mudik ke surabayah kotah tercintah mamah seperti biasanya, ya karena schedule kerja papa yg penuh, trus si Ade' di perut mamah ini dah gede banget juga sih hehehehhe, males banget argue ma orang penerbangan, harus nunjukin surat dokter kandungan segala, hffff.. disini aja deh, dinikmati menyepinya.

Back to Nyepi.
Nyepi tahun 2008 ini kebetulan pas hari jumat seperti tahun lalu, bukti tinggal di bali nih penuh dengan toleransi, mereka memperbolehkan kami warga muslim di bali untuk tetap sholat jumat di masjid, jadi para bapak-bapak, boleh gitu pergi ke masjid, asaaaal waktu pergi ke masjid pake sarung :), trus gak bawa kendaraan alias jalan kaki :).
Alhamdulillah di perumahan tempat tinggal kami nih, di Jimbaran Hill tepatnya, ada musholla-nya, dan warga muslim disana Alhamdulillah ada lebih dari 30KK, jadi para warga memutuskan untuk sholat di sana, Alhamdulillah.. enak buat papah gak perlu jauh jalannya :D.

Oiya.. tentang Nyepi juga ada cerita ogoh-ogoh, si mamah dah pernah cerita sih kayaknya tahun lalu, gak papa deh diulang lagi, begini.. Ogoh-ogoh adalah patung kertas hasil kreasi generasi muda Hindu di tiap banjar (setingkat RW di Jawa).



Ogoh-ogoh itu lambang buthakala atau setan. Karena itu wujud ogoh-ogoh biasanya dibuat menyerupai makhluk jahat seperti raksasa, tengkorak, babi besar, dan lain-lain. Tapi umat Hindu di Bali paling sering membuat ogoh-ogoh dalam bentuk raksasa. seperti ini bentuknya, bagus sih dari segi artistik ya, tapi kalau malam sereeeem :D,
Nah.. kamis besuk tuh si para ogoh-ogoh akan diarak keliling banjar, habis diarak trus dibakar gitu, sayang sih soalnya biaya pembuatannya juga mahal looh.

Ok ..buat teman2 di seluruh indonesia, Happpy Long Wieken yaaaaaaaaa... :)

6 comments:

  1. disini ga libur bsk nihhh...;)

    wahhh...met "nyepi" deh yaaaa nawfal;)

    ReplyDelete
  2. Syukur deh msh bisa sholat jum'at....bunda kudu nyetok makanan donk wat nawfal? dan klow ada anak nangis kedengeran yah?:)najwa

    ReplyDelete
  3. Long wiken ya jadinya..met nyepi dan kesepian kali ya..abis gag boleh nyalain TV.

    ReplyDelete
  4. Bali is a wonderful island and has been blessed with its beautiful panorama and its unique culture. Many people are impressed on its tradition that has been well preserved for long decades. Take your chance traveling to Bali and get the discount Bali hotels and luxury private villas.

    ReplyDelete
  5. wah mbak azzah, selamat ber-long wiken ria ya :) asiknya bisa long wikenan :)

    ReplyDelete
  6. Duh, jadi kangen Nyepi di Bali :)
    Jadi inget jaman dulu, Mbak...

    ReplyDelete